Tugas Excel (PPN 1)

Buat anak BSI semester 1 yang ada mata kuliah PPN 1, bisa dilihat di modul PPN halaman 91, yang tugasnya adalah membuat Laporan Rekam Medis Pasien Rawat Inap

Didalam tugas ini ada beberapa fungsi dalam rumus excel yang digunakan, antara lain VLOOKUP, HLOKKUP, IF, MID, LEFT, RIGHT, dan SUMIF. Fungsi rumus-rumus itu bisa kalian lihat sendiri di modul kuliah masing-masing. Tapi buat yang g tau apa fungsi rumus-rumus tersebut, berikut aku jelasin secara singkat ya…

  • VLOOKUP , digunakan untuk membaca suatu data secara vertikal, lalu mengambil nilai yang diinginkan pada table tersebut berdasarkan kunci tertentu. Penulisan rumusnya pada sheet menggunakan format

=VLOOKUP(Lookup_value, Table_array, Col_index_num, range_lookup)

Keterangan :

§         Lookup_value adalah sel referensi/nilai yang hendak dijadikan kunci dalam pencarian data.

§         Table_array adalah tabel/range yang merupakan table yang menyimpan data yang hendak kita cari.

Catatan Penting !

·        Usahakan Table_array sudah disort pada field kunci nya (baik secara ascending ataupun descending)

·        Huruf besar ataupun huruf kecil dianggap sama saja atau diabaikan pada field kunci di Table_array.

§         Col_index_num adalah nomor kolom yang hendak kita ambil nilainya. Col_index_num harus  berisi nilai sama dengan atau lebih besar dari 1. Jika kurang dari 1, VLOOKUP akan mengembalikan nilai error = #VALUE!. Jika col_index_num lebih besar dari jumlah kolom pada table_array nya, VLOOKUP akan mengembalikan nilai error = #REF!.

§         Range_lookup adalah nilai logika TRUE / FALSE yang mana VLOOKUP akan mencari data secara tepat atau secara kira-kira atau pendekatan.

·        Jika range_lookup kita isi TRUE, maka yang akan digunakan adalah metode pendekatan atau kira-kira. Seandainya nilai yang kita cari tidak ada, maka yang akan diambil adalah nilai yang lebih besar pada sell berikutnya dimana nilainya lebih kecil atau sama dengan nilai lookup_value (field kunci). Seandainya tidak ada nilai yang lebih kecil atau sama dengan nilai lookup_value (field kunci), maka VLOOKUP akan mengembalikan nilai error = #N/A.

·        Adapun jika range_lookup kita isi FALSE, maka yang akan digunakan adalah metode tepat. Pada metode tepat ini, jika VLOOKUP tidak menemukan data yang kita cari, maka ia akan mengembalikan nilai error = #N/A, padahal kita ingin jika ia tidak menemukan data yang kita cari, inginnya sell ini diisi dengan nilai 0 atau nilai lainnya yang kita inginkan. Maka untuk mengatasi hal ini, gunakan rumus IF(logical_test,value_if_true,value_if_false) dan ISERROR(Value).

(Contoh bisa dilihat di file PPN01 – silakan didownload), Penjelasan lain tentang rumus lainnya silakan baca di artikel serupa yang sudah aku browsing, silakan klik pada tiap rumus berikut ini.

Semoga bermanfaat. :)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s